CARA MENGIKUTI SIDANG PENGADILAN TILANG DI KOTA BOGOR - ABAH ADAM

CARA MENGIKUTI SIDANG PENGADILAN TILANG DI KOTA BOGOR


Tilang menjadi momok yang banyak orang mengira menyeramkan hingga membuatnya panik ketika bertemu dengan polisi di tepian jalan atau di tengah lalu lintas yang padat.

Banyak penyebab tilang sangat menakutkan, mulai dari biaya dengan yang akan dikenakan bila kita langgar ataupun jauhnya kota dimana kita kena tilang yang tentu akan merepotkan kita harus jauh-jauh ke lain kota untuk mendapatkan surat-surat yang telah di jadikan jaminan, berupa KTP, SIM maupun STNK.

Jaminan itu akan di sita oleh polisi untuk memastikan kita akan mengambilnya pada waktu yang telah di tentukan, tidak lebih dari sebulan dari tanggal kita di tilang dan biasaya akan di adakan di akhir bulan.

Pengalaman sidang tilang saya yang ke 3 kali nya ini akan berbagi tips AGAR MUDAH saat persidangan.

Tilang pertama saya sekitar tahun 2014 saat pertama kali memiliki SIM dan kebetulan STNK motor saya hilang dan hanya membawa foto copy nya yang memang ingin diurus saat hari kerja.

Kami, dibawa masuk ke dalam pos polisi yang sudah sangat ramai dengan anak-anak ABG yang mungkin seumuran dengan saya dan kawan saya. Tentu muka kami saat itu masih polos akan tindakan polisi yang tiba-tiba menyodorkan kertas yang bertuliskan denda-dengan yang akan kami dapat saat itu dan anehnya mereka menawarkan dengan nada memaksa untuk kami melakukan pembayaran di muka atau langsung kepadanya, tentu saya menolak karna tidak punya uang yang dibilang jumlahnya sangat besar.

Jika sobat mendapatkan tawaran seperti itu tentu saya sarankan untuk TIDAK MEMATUHI ANJURAN SESAT yang dapat menguntungkan dia dan memberikan rezeki yang HARAM untuk keluarganya. Maka sobat Langsung meminta kepersidangan saja.

Apa Saja Yang Harus Di perhatikan Saat Di Pengadilan

Banyak sekali Hal yang harus kita perhatikan, karna saya pun sempat mengalami hal yang tidak di inginkan yaitu merasa di permainkan oleh petugas disana. Tentu saya tidak ingin sobat juga merasakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan ini.
Hal yang harus diperhatikan saat sidang tilang adalah :

1. tanggal berapa kita akan melakukan persidangan

Bayak sekali resiko yang akan kita dapatkan jika kita terlewat tanggal pengambilan surat-surat kita yang di tahan.

2. Patikan Tempat kita sidang tilang itu dengan benar

Banyak sekali yang keliru dimana dia akan mengikuti pengadilan, atau bisa jadi dia di tilang di kota A akan tetapi datangnya ke Kota B.

3. pastikan datang lebih awal

Saya menyarankan ini karna saat pertama kali saya ikut sidang saya telat datang dan saya pun tidak mengetahui bagaimana cara mengikuti persidangan waktu itu, hingga akhirnya saya diberi pengalaman oleh petugas disana dengan alasan yang tidak masuk akal dan saya membayar uang 2 kali lipat dari seharusnya.

4. Pastikan Bertanya Ke Orang Yang Lebih Dahulu Datang Untuk Mendapatkan Informasi Yang Lebih Lengkap.

Kita tidak mengetahui perubahan-perubahan yang dapat terjadi mendadak, mungkin yang disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa memindakhan ruang sidang. Oleh karna itu membangun komunikasi dengan orang yang sudah lama adalah solusi yang tepat.

5. Pastikan Membawa Surat Sakti/ Surat Panggilan .


Keuntungan Mengikuti persidangan Tilang yang akan kita dapat adalah :

1. Kita mendapatkan surat sakti

Surat sakti ini adalah surat tilang dari polisi yang tertulis pelanggaran apa saja yang telah kita lakukan selama berkendara dan tanggal kapan kita harus mengikuti persidangan.
Surat ini menjadi sakti karna ketika kita diberhentikan polisi lagi kita bisa langsung menunjukkan surat ini kemudian bebas, atau paling minimal dinasihati untuk mengambil pada waktunya.

2. Biaya denda tilang yang terjangkau

Biaya yang tertulis dibuku polisi sangat mengecoh dan jumlahnya sangat tidak masuk akal. Dulu saya tidak membawa STNK dan minta sebesar 250 ribu tetapi saat mengikuti sidang hanya dengan 50 ribu, begitu juga dengan denda yang lainnya.


Resiko Yang Di Dapat ketika Tidak mengikuti Sidang Tilang / Surat Panggilan Sidang

Resiko tidak memenuhi persidangan tentu tidak menguntungkan karna itu merupakan sebuah pelanggaran dan akan mendapatkan sangsi berupa:

1. apabila sengaja tidak memenuhi surat panggilan dapat dituntut melanggar Pasal 26 ayat (1) KUHP dangan ancaman pidana paling lama 4 bulan 2 minggu atau denda paling banyak 9 juta.

2. STNK dapat di blokir.

3. SIM dapat di beri tanda untuk di tahan sementara ataupun di cabut.


Lokasi Pengandilan Sidang Tilang

Biasanya saat terjadi penilangan polisi memberikan arahan dimana kita akan mengikuti sidang tilang pastinya di dalam kota dimana kita kena tilang.

lokasi sidang tilang di kota bogor, lokasi sidang sangat mudah di temukan yaitu di kejaksaan tepatnya dekat dengan jantung kota bogor yaitu Kebun Raya Bogor arah Air Mancur.

Bagaimana Cara Mengikuti Sidang Kertas Tilang Warna Biru dan Merah dan Apa Perbedaannya

cara mengikuti sidang tilang warna biru

Surat tilang warna biru biasanya identik dengan mentransfer uang melalui ATM BRI bisa langsung ke mesin bisa juga dengan bantuan tailer di Bank.

Didalam surat tilang tertulis kita WAJIB membayar 3 hari sebelum persidangan dengan DENDA maksimal yang tertera pada web “etilang.polri”, setalah itu kita hanya menunggu saja waktu persidangan dan menunjukkan bukti transfers.

Setelah itu sobat bisa langsung pulang deh.

cara mengikuti sidang Tilang warna merah

Surat sidang warna merah tidak sama seperti warna biru, yang warna merah kita tidak perlu untuk mentransfer terlebih dahulu karna kita bisa membayarnya setelah persidangan selesai dengan cepat.

MENGIKUTI PERSIDANGAN TERJANGKAU DENDANYA.

Perbedaan Mengikuti Sidang Kertas tilang Warna biru atau Warna Merah dan Cara Pembayarannya

Kita sudah mengetahi perbedaannya, yakni warna biru tranfer dulu baru sidang dan warna merah sidang dulu baru bayar denda.

Akan tetapi sobat tidak perlu khawatir ketika sobat mendapatkan surat biru yang tentu jumlah dendanya akan sangat berbeda dengan surat yang merah.

Tips ketika mendapatkan surat tilang warna biru, sobat tidak perlu mentransfernya terlebih dahulu. Sobat bisa mengikuti sidang seperti surat warna merah. Saya juga pernah melakukannya dan itu tidak masalah.

1 comment:

  1. Wah nice info nih. Dari pengalaman bisa memberikan manfaat kepada pembaca, biar gak mengalami hal yang sama.

    Minimal kita juga musti paham, biar gak dibodohin sama polkis

    ReplyDelete

Welcome di Blog AnakAbah
jangan lupa tinggalin komentar yaa.
karna komentar akan menambah semangat saya

pasti saya komen balik

Powered by Blogger.